Tips Memilih Baju Untuk Pergi Ke Kantor

Pakaian terkadang memiliki kegunaan sendiri, anda harus memilih pakaian yang tepat untuk kondisi tertentu. Sebagai referensi anda dapat melihat Fashion brand Indonesia agar menemukan padu-padan yang tepat untuk pakaian anda. Tiap kantor memiliki kebijakan berbeda dalam mengatur tata cara berpakaian. Biasanya ada 3 berpakaian yang biasa diterapkan oleh perusahaan yaitu: formal, semi-formal dan kasual. 


Untuk pakaian formal biasanya terdiri dari kemeja polos, celana bahan, dan sepatu formal. Untuk semi -formal anda dapat memakai kemeja bermotif, celana chino, juga sepatu yang tidak terlalu formal. Sedangkan untuk pakaian bertema kasual anda dapat memakai kaos berkerah atau kaos oblong, celana dan sepatu bebas yang penting tetap terkesan sopan.  Terkadang kita masih merasa bingung dalam memilih pakaian yang tepat pada saat pergi ke kantor, maka dari itu ini dia tips sederhana  agar anda mudah dalam memilih pakaian pada saat anda bekerja.

1.     Motif Atau Gambar

Pakaian bermotif bisa jadi terkesan terlalu ramai dan tidak rapi. Anda dapat memilih pakaian berwarna polos atau yang memiliki gambar yang kecil. Pakaian dengan gambar yang besar, atau dengan motif yang ramai akan menghilangkan kesan formal dan profesional pada orang tersebut.

2.     Warna

Warna muda atau soft adalah warna yang paling aman untuk anda pilih, selain itu anda juga dapat memilih warna hitam atau putih. Hindari warna yang terang dan mencolok seperti kuning terang, merah menyala dan lain sebagainya. Jangan lupa pertimbangkan juga kombinasi warna pakaian yang akan anda pakai, jangan sampai warna yang dipakai kontras sehingga tidak nyaman untuk dilihat.

3.     Batik

Apabila ada hari-hari khusus berpakaian batik, anda dapat memilih baju batik berlengan pendek. Pakaian batik yang menggunakan lengan panjang terlalu terkesan formal dan biasa digunakan ke acara pernikahan. Baju batik yang memiliki lengan pendek lebih terlihat santai dan dapat dipakai di berbagai acara pula.

4.     Sepatu

Sediakanlah 2 jenis sepatu yaitu pantofel dan kets / olahraga. Apabila anda memiliki dua jenis sepatu tersebut anda dapat menggunakannya dalam acara yang berbeda. Jangan lupa sesuaikan warna sepatu dengan pakaian yang anda gunakan. Belilah sepatu berwarna hitam, karena warna hitam cocok untuk warna pakaian apapun.

Jangan lupa selalu tanyakan perihal tata-cara berpakaian kepada pihak HRD agar anda tidak salah berpakaian. Untuk beberapa perusahaan seperti ekyc perbankan, dan beberapa perusahaan formal lainnya, biasanya mereka sudah menyediakan seragam khusus untuk kegiatan perkantoran mereka.

Post a Comment

0 Comments