Belajar Bisnis Sambil Jalan

 kita tak harus punya pengalaman bisnis yang mumpuni dulu Belajar Bisnis Sambil Jalan
Belajar Bisnis Sambil Jalan

Untuk jadi pengusaha, kita tak harus punya pengalaman bisnis yang mumpuni dulu.

Saya sependapat kalau ada yang mengatakan, bahwa untuk meraih sukses bisnis, kita sanggup memalsukan sukses orang lain, apakah itu strateginya, atau pilihan perjuangan yang dilakukannya. Selain itu, saya ingin menambahkan, bahwa untuk kita sanggup menjadi pengusaha, bekerjsama tidak harus punya pengalaman bisnis yang mumpuni dulu. Logikanya adalah, kalau kita menunggu hingga punya pengalaman bisnis yang mumpuni, lantas kapan kita akan memulai usaha?

Dari pengalaman saya sendiri, maupun pengalaman pengusaha Bob Sadino, juga pengalaman pengusaha-pengusaha lain, bahwa bekerjsama pengalaman bisnis yang mumpuni itu sanggup kita raih sambil menjalankan bisnis kita. Maka, kalau kita ingin memulai usaha, ada baiknya jangan banyak dipikirkan atau pakai rencana yang muluk-muluk. Yakinlah, bahwa semua itu dalam bisnis sanggup saja berubah, dan itu sanggup kita tangani sambil jalan.

Hanya saja, mungkin ketakutan kita sementara ini justru alasannya ialah kita terlalu siap, terlalu banyak yang dipikir, bahkan terlalu takut dengan resiko bisnis. Padahal, berdasarkan saya, dalam praktek bisnis, yang terjadi bekerjsama banyak berbeda dengan apa yang pernah kita pikirkan. Sehingga tak mengherankan kalau kita kemudian banyak menemukan
jalan keluar utnuk mengatasi semua kesulitan bisnis yang kita alami.

Jadi, bekerjsama tidak ada alasan untuk kita untuk tidak memulai usaha, alasannya ialah alasan pengalaman bisnis kita terbatas. Katakanlah, dengan kita piawai menarik pelajaran dari setiap kejadian, saya yakin hal itu justru menciptakan kita tambah piawai dalam bisnis.

Dan, kalau kita lihat dilapangan,banyak perjuangan yang ternyata dimulai dengan modal nol. Misalnya, uang tidak punya, itu sanggup diatasi dengan pinjam orang lain. Kemudian pengalaman bisnis tidak punya, sanggup tanya pada orang lain. Bahkan inspirasi pun tak punya, sanggup pakai inspirasi orang lain. Begitu juga daerah perjuangan yang tak ada, dan masih banyak lagi.

Apa artinya semua itu? Artinya, kita sanggup lakukan dengan memakai "kepunyaan" orang lain. Justru dari keadaan semacam inilah, akan menciptakan kita mandapat banyak pelajaran dalam berbisnis. Pemikiran itu berdasarkan saya hal yang paling penting untuk memulai bisnis.

Oleh alasannya ialah itu, berdasarkan saya, bekerjsama berguru bisnis sambil jalan atau jalan sambil belajar, di dunia perjuangan itu sama saja, yang penting kita telah berusaha dengan memulai usaha. Menurut Bob Sadino dengan melangkah ibarat itu, paling tidak kita sudah malangkah lebih maju dalam berbisnis. Kita tidak lagi hanya berjalan di tempat, yang berarti kita tidak kemana-mana atau tidak melaksanakan bisnis apapun.


"Saya sukses alasannya ialah saya melangkah. Bukan mengangan-angankan langkah", kata Bob Sadino yang memulai perjuangan dari nol. Tentu saya sependapat dengan Bob, yang sekarang mempunyai banyak supermarket dalam grup Kem Chick's itu.

Artinya, dengan melangkah, maka ada kemungkinan kita sukses, disamping ada pula kemungkinan gagal. Namun dengan tidak melangkah, maka kita tidak pernah akan sukses. Maka tidak ada salahnya, kita berguru bisnis sambil jalan.***

Dikutip dari Tulisan dari Sang Guru Mr. Purdi E. Chandra

Post a Comment

0 Comments