9 Hal Yang Harus Dikuasai Dalam Berbisnis

Saya sangat suka dengan definisi Brad Sugars mengenai bisnis 9 Hal yang Harus dikuasai Dalam Berbisnis
9 Hal Yg Harus Dikuasai Dalam Berbisnis

Saya sangat suka dengan definisi Brad Sugars mengenai bisnis, yaitu: bisnis ialah suatu perjuangan komersial yang menguntungkan dan berjalan tanpa keterlibatan anda. Untuk mencapai kondisi itu tentunya ada caranya. Ada ilmunya. Ada tahapannya.

Menurut Brad Sugars, ada 6 tahap dalam membangun dan membuatkan bisnis: Mastery, Niche, Leverage, Niche, Result

Saya akan coba bahas mengenai tahap yang pertama. Mastery - ialah tahap awal dalam membuatkan bisnis. Bagaimana bisnis itu bisa menghasilkan profit secara produktif menurut gosip yang cukup untuk pengambilan keputusan. Apa saja yang harus di-mastery (dikuasai)?

- Uang, atau cashflow. Yaitu bagaimana kita menguasai data keuangan historis dan bagaimana dengan data itu kita bisa melaksanakan sesuatu di masa depan. Cashflow is king. Dengan cashflow itu kita mau buat apa? Jangan terpaku pada mengejar profit di kertas, tapi uangnya nggak ada di tangan. Anda harus kuasai ini. Ini ialah pondasi bisnis anda. Dengan cashflow yang kuat, apa pun bisa anda lakukan.
- Target break even atau titik impas. Berapa banyak produk yang harus dijual, atau berapa banyak pelanggan, atau berapa rupiah penjualan per hari yang diharapkan untuk mencapai sasaran titik impas itu. Kalau anda nggak tahu ini, bisa bahaya... Misalnya, sewa tempat, biaya, plus honor karyawan per bulan ialah 3 juta, artinya biaya anda ialah 100 ribu per hari, berarti laba yang harus diperoleh ialah minimal 100 ribu per hari. As simple as that.
- Profit margin atau marjin keuntungan. Harus ditarget atau dibentuk budgetnya, berapa profit margin yang harus didapat per hari untuk mencapai sasaran yang diinginkan. Harus terang berapa persentasenya atau nilai nominalnya. Mengutak-atik hitungan margin ini merupakan keasyikan tersendiri bagi saya. Inilah salah satu permainan bisnis yang menggairahkan.
- Reporting atau pelaporan. Anda harus tahu angka-angka vital dalam bisnis anda per hari, per minggu, per bulan sehingga anda bisa menciptakan keputusan menurut ini di masa depan. Berapa produk terjual hari ini, berapa marginnya, berapa jumlah transaksi hari ini, berapa prospek yang masuk ke dalam toko, dan sebagainya. Anda harus tahu ini.
- Test and Measure atau uji ukur. Apa pun yang anda lakukan harus diuji dan diukur hasilnya. Jangan pernah melaksanakan sesuatu tanpa diukur tingkat keberhasilannya. Buat indikator kinerja kunci, yaitu apa saja indikator-indikator di bisnis anda yang merupakan kunci atau penentu vital. Harus anda identifikasi faktor-faktor ini. Misalnya anda buat
brosur. Berapa biayanya? Bagaimana hasilnya? Untung atau rugi? Kalau untung, lanjutkan. Kalau rugi, diubah, diperbaiki atau dihentikan.
- Delivery. Delivery juga saya artikan memperlihatkan apa yang anda janjikan. Kalau anda sudah terima uangnya, ya anda harus berikan barangnya sesuai yang anda janjikan meliputi jumlah, kualitas dan waktu pengirimannya. Jangan berusaha menjanjikan yang jago atau superior. Lebih baik yang biasa-biasa saja tapi konsisten. Berusahalah menutupi setiap lubang kelemahan yang ada. Sedikit demi sedikit.
- Time. Kuasailah waktu. Produktivitas anda, bisnis anda, organisasi anda sangat tergantung kepada kemampuan anda menguasai waktu. Banyak teori mengenai penguasaan waktu ini, contohnya teori pareto (prinsip 80/20) atau the power of least effort.
- Goal atau tujuan. Tujuan itu harus terang dan disampaikan kepada organisasi kita. Tujuan itulah sebagai penunjuk arah bagi orang-orang yang mengikuti di belakang kita. Dari mana kita melangkah dan hingga di mana kita nanti, harus terang dimengerti oleh mereka.
- Self mastery. Menguasai diri sendiri, atau pengendalian diri. Ini menyangkut disiplin. Ini menyangkut fokus. Ini ialah harga yang harus anda bayar untuk mencapai kesuksesan. Saya sendiri masih terus berguru dan mempraktekkan ilmu dari guru small business ini. Ilmunya banyak yang masuk logika buat saya. Cocok dengan kondisi bisnis yang saya jalankan ketika ini. Mudah-mudahan cocok juga untuk bisnis anda.

Dikutip dari Blognya Mr. Roni Yuzirman (Master TDA)

Post a Comment

0 Comments