Semakin Banyak Teman Di Facebook, Semakin Tinggi Tingkat Stres

 Punya banyak follower di Twitter memang suatu hal yang membanggakan bagi sebagian orang Semakin Banyak Teman di Facebook, Semakin Tinggi Tingkat Stres
Punya banyak follower di Twitter memang suatu hal yang membanggakan bagi sebagian orang. Tapi rupanya, lain halnya bila memiliki banyak sobat di Facebook

Penelitian dari University of Edinburgh Business School menunjukkan, tingginya jumlah sobat di Facebook berbanding lurus dengan tingkat stres penggunanya. Terutama bila banyak sobat di Facebook yang tidak dikenal langsung.

“Jejaring sosial merupakan arena untuk membentuk pencitraan diri, sehingga rentan menjadikan kegelisahan sosial,” berdasarkan juru bicara tim peneliti menyerupai dikutip Huffington Post.

Para peneliti mengadakan survey terhadap lebih dari 300 pengguna Facebook. Dari hasil survey terlihat 84% merupakan pelajar atau mahasiswa dengan usia rata-rata 21 tahun.

Partisipan diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai kategori sobat yang mereka miliki di Facebook, sesuai dengan 17 kategori yang disusun oleh tim peneliti, di antaranya keluarga, rekan kerja, atau orang-orang yang dikenal di dunia maya. Mereka lalu diminta untuk menyebutkan kelompok sosial mana yang paling banyak menciptakan mereka stress di Facebook.

Survey membuktikan, tingkat kegelisahan meningkat ketika para partisipan harus memperlihatkan sisi lain diri mereka kepada orang-orang tertentu. Seperti misalnya, ingin mengunggah foto ketika berpesta di klub malam, tapi takut bila dilihat oleh keluarga atau rekan kerja yang ada di Facebook. Padahal di sisi lain, mereka ingin memperlihatkan foto ini kepada teman-teman yang dikenal di dunia maya semoga dapat dianggap keren.

Selain mengenai tingkat stress yang dialami para pengguna Facebook, survey ini juga berhasil menemukan sejumlah fakta baru. Di antaranya hanya sepertiga partisipan yang telah memproteksi akunnya sesuai pengaturan keamanan yang ditetapkan Facebook, lebih dari 63% masih berteman dengan mantan kekasihnya di Facebook, dan 56% berteman dengan pasangan ketika ini.

Post a Comment

0 Comments