Arti Penting Kecerdasan Emosi Dalam Berbisnis


Ternyata kecerdasan intelektual (IQ) bukanlah satu-satunya faktor yang memilih kesuksesan seseorang. Faktor yang justru sangat memilih sukses hidup seseorang yakni Kecerdasan Emosional (EQ). Daniel Goleman yang mempopulerkan kecerdasan emosional.
Menurut Daniel Goleman, penulis buku Emotional Intelligence, ada lima karakteristik dan kemampuan dalam kecerdasan emosional :


- Kesadaran Diri
Mengetahui yang dirasakan untuk memandu pengambilan keputusan diri sendiri, serta mempunyai tolak ukur yang realistis atas kemampuan dan kepercayaan diri.
- Pengaturan Diri
Menangani emosi sehingga berdampak positif kepada pelaksanaan kiprah dan penyampaian suatu maksud, bereaksi secara proporsional terhadap suatu situasi, dan bisa dengan cepat pulih dari tekanan emosi
- Motivasi Diri
Menggunakan hasrat yang paling dalam untuk menggerakkan dan menuntut menuju sasaran, mengambil inisiatif, bertindak efektif, serta bertahan menghadapi kegagalan.
- Empati
Merasakan yang dirasakan orang lain, memahami presfektif mereka, menumbuhkan korelasi saling percaya, dan menyelaraskan diri dengan aneka macam orang.
- Keterampilan Sosial
Menangani emosi secara baik, membaca situasi dan jaringan sosial, berinteraksi, memimpin, bermusyawarah, dan menuntaskan perselisihan, serta bekerja sama


Referensi: dari aneka macam sumber

Post a Comment

0 Comments